HASIL PEMERIKSAAN BAWASLU KARAWANG TERHADAP DUGAAN POLITIK UANG

Bawaslu Kabupaten Karawang telah melakukan serangkaian kegiatan penanganan pelanggaran dugaan politik uang. Penanganan pelanggaran dilakukan berdasarkan laporan yang disampaikan oleh masyarakat. Dalam laporannya Bawaslu Karawang beranggapan adanya unsur pelanggaran pidana sehingga laporan tersebut ditangani oleh tim sentra gakkumdu Bawaslu Karawang.

Setelah menerima Bawaslu Kabupaten Karawang memberikan kesempatan kepada Pelapor untuk melengkapi Laporannya. Kemudian Bawaslu melakukan pengkajian awal terhadap laporan tersebut dan diputuskan dalam rapat pleno bahwa laporan tersebut ditindaklanjuti oleh tim sentra gakkumdu pada tahapan klarifikasi.

“Proses klarifikasi dilakukan guna mengungkap fakta-fakta hukum yang sebenarnya terjadi dilapangan. Dalam klarifikasi Bawaslu melalui tim sentra gakkumdu berupaya mencari alat bukti yang kuat guna melanjutkan tahapan pada proses penyidikan apabila dalam rapat SG 2 dilimpahkan pada pihak kepolisian.” Tegas Divisi Hukum Bawaslu Karawang.

Setelah melakukan proses klarifikasi Bawaslu segera melakukan rapat sentra gakkumdu 2 guna menentukan keterpenuhan unsur pelanggaran tersebut. Dalam rapat tersebut Kejaksaan dan Kepolisian menganggap bahwa laporan dugaan tindak pidana pemilihan tidak cukup bukti dan tidak memenuhi unsur pelanggaran pidana pemilihan.

Beberapa laporan terkait politik uang diantaranya perkara 06/REG/LP/PB/Kab/13.19/XII/2020, dan 07/REG/LP/PB/Kab/13.19/XII/2020 yang dilaporkan oleh Gerakan Rakyat Cerdas Memilih. Kemudian laporan yang disampaikan oleh Laskar NKRI dengan nomor 02/REG     /LP/PB/Kab/13.19/XII/2020, 03/REG/LP/PB/Kab/13.19/XII/2020, 04/REG/LP/PB/Kab /13.19/XII/2020. Laporan tersebut disampaikan kepada Bawaslu pada hari yang sama dan peristiwa yang hampir serupa yaitu terkait adanya dugaan politik uang. Laporan-laporan tersebut telah selesai ditangani Bawaslu Karawang. Berdasarkan hasil rapat sentra Gakkumdu laporan-laporan tersebut belum memenuhi unsur pelanggaran karena kurangnya bukti-bukti yang mengarah pada pelanggaran Pidana.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *