ANGGOTA BAWASLU RI FRITZ EDWARD SIREGAR TINJAU PELAKSANAAN PILKADA KARAWANG TAHUN 2020

Anggota Bawaslu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar didampingi jajaran Bawaslu Jawa Barat (Jabar) dan Bawaslu Kabupaten Karawang menyidak TPS 08 Desa Sukamakmur Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang. Fritz hendak memastikan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Karawang telah sesuai dengan Protokol Kesehatan.

Dalam kunjungannya Fritz mengapresiasi kelengkapan dan pengaturan pemilihan sesuai protokol kesehatan (prokes), termasuk tersedianya bilik khusus bagi pemilih dengan suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celcius.

Fritz menyambangi TPS 12 Kelurahan Tanjung Pura, Kecamatan Karawang Barat. TPS ini berada dalam sebuah bangunan yang belum terpakai di pinggir jalan yang merupakan TPS pindahan dari sekitar sepuluh meter lokasi TPS sebelumnya. Pemindahan TPS dilakukan lantaran khawatir terjadi hujan dan banjir. Fritz menyampaikan “Saya mengapresiasi langkah preventif yang dilakukan dalam mengantisipasi hujan dan banjir.” tuturnya.

Kunjungan ketiga di TPS 22, Kelurahan Naga Sari, Kecamatan Karawang Barat yang terletak di depan GOR Tarawang. Fritz berbincang dengan komisioner KPU Karawang bernama Farid. Dari obrolan tersebut, Fritz mengetahui kalau tak ada TPS di rumah sakit (RS).

Fritz melanjutkan kunjungan pengawasan ke Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Warung Bambu yang terletak di Kecamatan Karawang Timur. Dalam lokasi ini ada 2 TPS (TPS 24 dan TPS 25) dengan 928 pemilih. Dia lantas menasehati petugas KPPS yang masih memakai cara mencelupkan jari. Seharusnya tinta diteteskan menggunakan semacam pipet.

Kepatuhan terhadap protocol kesehatan bukan hanya menjadi kewajiban bagi penyelenggara pemilihan saja. Akan tetapihal tersebut merupakan kewajiban seluruh masyarakat Karawang. “Sebagai penyelenggara kita wajib menaati aturan yang ada. Akan tetapi upaya kita perlu ditunjang oleh kesadaran dari masyarakat secara umum.” Ujar Charles Anggota Bawaslu Karawang.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *