ASN HARUS “BUANG” EKSPRESI DALAM PILKADA

Anggota Bawaslu Kabupaten Karawang Charles Silalahi menjelaskan aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki hak politik untuk memilih pada Pilkada Serentak Bupati dan Wakil Bupati Karawang Tahun 2020 berdasarkan penilaian diri sendiri, akan tetapi, ASN dilarang untuk mengungkapkan ekspresi pilihanya kepada orang lain, demi menjaga netralitasnya sebagai aparatur negara.

“ASN itu diberikan hak memilih, tetapi tidak boleh menyampaikan pilihannya kepada orang lain, tidak boleh mempengaruhi orang lain untuk calon tertentu, artinya harus bisa “membuang ekspresinya” terhadap calon yang akan dipilihnya,” ujar Charles dalam acara kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama ASN, Kepala Desa, dan BPD Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang Tahun 2020, Selasa (10/11/2020).

Lebih lanjut Charles menambahkan, tidak tertutup kemungkinan dalam situasi kedekatan dan kekeluargaan atau kedekatan pribadi dengan calon kepala daerah serta dengan tim sukses pemenangan salah satu peserta pilkada Karawang Tahun 2020.

“ASN dihadapkan pada posisi yang sangat sulit antara kedekatan personal dengan netralitas, Ini tantangan berat, langkah yang tepat adalah dengan membatasi diri,” imbuhnya.

Koordinator Divisi Humas, Hukum, dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Karawang tersebut menjelaskan ada tiga hal yang menonjol dalam indeks kerawanan pemilu (IKP), yakni akurasi data pemilih, kemudian politik uang dan netralitas ASN.

Sebagai langkah pencegahan pelanggaran tambah Charles, Bawaslu melakukan berbagai hal. Pertama, sosialisasi mengenai netralitas ASN dalam pilkada, serta Bawaslu bekerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait untuk memaksimalkan agar ASN benar-benar netral tidak terpengaruh pada kepentingan orang per orang atau kelompok tertentu. ASN sebagai pengayom masyarakat untuk tidak terpengaruh pada sirkulasi kekuasaan politik semata.

“Kita ingin menjaga kualitas proses pilkada tetap baik. Salah satunya adalah, dengan memposisikan agar ASN netral dan tidak terpolarisasi untuk mendukung a atau b. Ini tugas berat kita, Pilkada berjalan dengan baik, ASN netral dan semua proses terawasi,” tutupnya. (FRAG)

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *